Matakuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang entrepreneurship dan intrapreneurship dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa juga akan mempelajari karakteristik yang perlu dikembangkan dalam dirinya untuk mampu menjadi entrepreneur, serta berlatih melihat peluang untuk sebuah program pembelajaran bahasa Inggris yang pernah didesainnya. Pada akhir semester, mahasiswa mampu mendesain ulang sebuah program pembelajaran bahasa Inggris dengan menambahkan muatan kewirausahaan seperti positioning, pricing, dan marketing.

Materi

Mata kuliah ini berfungsi membuka kesadaran dan wawasan mahasiswa tentang pendidikan untuk mempersiapkan mereka menjadi pendidik dengan berbagai konteks kelak. Pada semester ini, mahasiswa akan mempelajari beberapa teori belajar, yaitu behaviorism, cognitivism, constructivism, dan humanism dengan berbagai metoda pembelajaran seperti flipped learning dan sharing atau diskusi, jigsaw learning dan peer teaching, observasi proses pembelajaran dalam film-film pilihan, dan presentasi. Mahasiswa juga akan membaca serta menonton video pengalaman dan refleksi pendidik di pelosok Indonesia atau negara lain untuk mengembangkan afeksi mereka. Pada akhir semester, melalui sebuah projek individu mendidik seseorang/komunitas atau membuat book/movie review, mahasiswa diharapkan mampu mendemonstrasikan penerapan, analisis, maupun evaluasi konsep-konsep yang dipelajari.

Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi bagaimana berbagai metode pengajaran bahasa asing berevolusi, saling terkait, dan dipergunakan hingga saat ini. Penguasaan metode pengajaran bahasa kemudian disinergikan dengan identifikasi konteks pembelajaran agar mahasiswa dapat memperagakan pemanfaatan metode pembelajaran tunggal maupun kombinasi dengan tepat. Kemampuan mahasiswa merancang lesson plan yang memaparkan metode pengajaran yang melibatkan siswa secara aktif akan menjadi luaran mata kuliah ini.

This course prepares students to build concepts of language acquisition and learning. Reviewing various aspects and perspectives of first and second language acquisition (SLA) as well as foreign language learning (FLL) provides a framework for noting differences and similarities of the processes as well as their interrelated factors. Furthermore, an overview of relevance and mismatch between research in these fields to teaching materials and methods EFL context is introduced.