Matakuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mengembangkan kesadaran dan pengetahuan tentang perbedaan individu (individual differences/ID) dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Beberapa faktor ID yang akan dibahas adalah kepribadian, multiple intelligences, kemampuan berbahasa, motivasi, cognitive and learning styles, strategi belajar, dan difficulties with learning sebagai bagian dari inclusive education.

Dengan metode pembelajaran flipped learning, diskusi, presentasi, project, dan self assessment, mahasiswa akan mengamati dinamika psikologis pribadi sebagai pembelajar bahasa sambil mengantisipasi kesesuaian dan ketidaksesuaian dengan guru karena faktor-faktor ID tersebut. Pada akhir semester, melalui sebuah projek, mahasiswa akan mampu mendemonstrasikan pemahamannya tentang ID dan bagaimana mengakomodasinya demi keberhasilan pembelajaran Bahasa Inggris. 



Mata kuliah ini memperlengkapi mahasiswa dengan pemahaman tentang language management theory (LMT) yang terkait erat

dengan language policy and planning (LPP). Materi pembelajaran lain adalah Model Desain Instruksional ADDIE, proses pengelolaan

program dari Project Management Theory, serta Model Evaluasi Program CIPP. Dengan metode pembelajaran aktif seperti flipped

learning, kerja kelompok, dan projek, mahasiswa akan belajar mengidentifikasi language policy, merumuskannya,

mengimplementasikannya dalam program pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dan kemudian mengevaluasinya.

Pada akhir semester, mahasiswa akan mampu mendesain, mengelola dan mengevaluasi program pengembangan kemampuan

berbahasa Inggris dengan menggunakan beberapa konsep, yakni ADDIE Model, Project Management Theory, serta CIPP Model.

Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi bagaimana berbagai metode pengajaran bahasa asing berevolusi, saling terkait, dan dipergunakan hingga saat ini. Penguasaan metode pengajaran bahasa kemudian disinergikan dengan identifikasi konteks pembelajaran agar mahasiswa dapat memperagakan pemanfaatan metode pembelajaran tunggal maupun kombinasi dengan tepat. Kemampuan mahasiswa merancang lesson plan yang memaparkan metode pengajaran yang melibatkan siswa secara aktif akan menjadi luaran mata kuliah ini.

This course prepares students to build concepts of language acquisition and learning. Reviewing various aspects and perspectives of first and second language acquisition (SLA) as well as foreign language learning (FLL) provides a framework for noting differences and similarities of the processes as well as their interrelated factors. Furthermore, an overview of relevance and mismatch between research in these fields to teaching materials and methods EFL context is introduced.